Kekuatan Dari Sebuah Tulisan

 

Judul              : Kekuatan Dari Sebuah Tulisan
Resme ke       : 1
Gelombang   : 29
Hari                : Senin
Tangga           : 19 Juni 2023
Tema              : Menulis Setiap Hari
Narasumber : Dr. Wijaya Kusumah, M. Pd
Mederator     : Raliyanti, S. Sos,  M. Pd

Oleh : Asmayati

Malam ini tanggal 19 juli 2023, pertemuan perdana pelatihan KBMN-29 dengan tema "Menulis Setiab Hari" yang disampaikan oleh Dr. Wijaya Kusumah, M. Pd yang sering dipanggil Om Jay lahir pada tanggal 28 Oktober 1972 di Jakarta.  Dan didampingi oleh moderator Raliyanti, S. Sos,  M. Pd. Yang begitu cantik dan mempesona.   Suatu kebanggan bagi saya dapat mengikutinya. 

Dengan menulis setiap hari kita dapat  memberi masukan, ide, dan mengasah kosa kata dan otak kita. Om Jay telah membuktikan, berbagai prstasi sudah diraih oleh Om Jay,  dapat kita baca di "https://www.melintas.id/literasi/341179534/20-prestasi-ilmiah-guru-blogger-indonesia-dr-wijaya-kusumah-mpd-atau-yang-lebih-dikenal-dengan-omjay". 

Ini merupakan motifasi bagi saya untuk terus belajar menulis, setiab hari dan setiap waktu apa bila bisa.  Walaupun tidak memiliki ide untuk menulis tapi harus kita menulis setiab hari apapun yang kita lihat,  minimal 500 kata kita tulis dari pembuka,  isi,  dan penutup. Suatu saat nanti dapat kita jadikan tulisan yang bermakna. 

Dengan menulis juga kita dapat penghasilan,  walaupun harus dengan perjuangan yang luar biasa bagi pemula seperti saya.  Contohnya Om Jay yang berusaha menulis setiap hari lewat Blog dan Alhamdulillah selama 14 tahun menulis di blog sudah mendapatkan pemasukan dari hasil menulis dan menjadi narasumber.


Apa bila dengan menulis kita belum mendapatkan penghasilan,  ya nikmati saja proses kita dalam menulis. Karena dengan menulis kita dapat mengeluarkan ide-ide yang tersimpan, terkadang juga dapat meluabkan emosi dengan tulisan,  jadi emosi yang positif. 

Ada buku yang menarik bagi saya sebagai pemula yang direkomemdaiskan oleh Om Jay yaitu buku karya SIM Chung Wei. Kata Om Jay "buku ini sangat menginspirasi Om Jay untuk menulis setiap hari".

Semoga buku ini dapat saya beli untuk menambah wawasan bagi saya yang masih kekurangan dan pemula. 

Kata-kata Om Jay yang membuat saya semangat untuk menulis "Ikatlah Ilmu dengan cara menuliskannya kembali. Itulah pesan yang masih Om Jay ingat dari sahabat Ali yang baik hati.". Saya berharab agar saya juga bisa mengikat ilmu dengan pena agar selalu diingat sepanjang masa. 

Kegiatan pertemuan perdana pelatihan KBMN-29, ditutup dengan berbagai pertanyaan dari peserta,  termasuk saya bertanya kepada Om Jay. 

Terima kasih untuk semua pihak terutama Om Jay malam ini yang telah memberi ilmu yang luar biasa kepada saya.  Menulislah setiap hari apa saja yang kau rasakan,  lihat dan dengar.  Baik mendapat ide atau tidak ada ide. 

Terima kasih. 

Komentar

  1. Semangat terus menulis, ditunggu tulisan berikutnya ^_^

    BalasHapus
  2. semoga selalu ada alasan dan semangat untuk menulis.. mantap bu

    BalasHapus
  3. Semangat bu, yang penting menulis saja dulu, aturan kepenulisan bisa sambil jalan dipelajari dan typo bisa diperbaiki perlahan-lahan.

    BalasHapus
  4. Tetap konsisten yha ......👍

    BalasHapus
  5. Resume pertama yang menggoda. Semangat terus untuk berkarya yah.

    BalasHapus
  6. hmmmm....luar biasa.... semangat terus....

    BalasHapus
  7. MasyaAllah.. Luar biasa keren

    BalasHapus
  8. Tulisannya renyah... Keren banget...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melangkah menuju buku Solo Dengan Tulisan Sistematis

Menulis Diusia Senja, Siapa Takut!!