HADIAH TERINDA DARI AYAH


Pagi Dunia 

Kasih ku adalah seseorang yg selalu terbayang, sosok seseorang yang selalu gigih pergi pagi pulang petang. Yang berjuang banting tulang demi aku, demi kebahagian ku, demi masa depan ku yg terkadang aku lupa pengorbanannya yang penuh cinta dan kasih sayang. Dia adalah ayahku.

 sayang seorang Ayah sepanjang masa yang terkadang kita tidak dapat baca, hanya dapat kita rasakan. Laki-laki pertama yang kita Kenal,  laki-laki pertama yang mencurahkan kasih sayang dan cintanya untuk kita, Cinta pertama bagi seorang anak  perempuan. 

Kami 7 bersaudara 5 perempuan,  2 laki-laki. Aku anak ke 4 memiliki 3 kakak dan 3 adik. Kami tinggal di Desa tepatnya di Desa Riangbandung Ogan Kombring Sumatra Selatan.  Ayah adalah seorang laki-laki biasa yang bekerja keras untuk keluarga tercinta,  dan sangat bertanggung jawabng. Ayah kami bekerja di proyek yang sering keluar kota. Kami sangat bangga kepada ayah.  Perhatian sekecil apapun yang diberikan kepada kami anak perempuanya,  akan membuat kami melayang karna senang. Nama ayah kami adalah Bpk MARZUKI Bin PATONI, nama gelar di Desa Ulangan Ratu lahir di Riangbandung-Sumatra Selatan, tanggal 03 Desember 1952. 

Kami memanggilnya dengan sebutan Bpk. 

Kisah ini terjadi ketika aku masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD),  tepatnya pada bulan romadhon puasa ke 27 hari . Ketika itu mama membelikan kami baju dan rok atau celana untuk lebaran,  kami sangat bahagia karna akan memakai baju baru ketika lebara.  Kami berkata bersama " terimakasih mama". Pada umumnya anak perempuan setelah mendapatkan baju baru akan memcobanya,  cocok atau tidak. kami pun sama untuk mencobanya.  Begitu indah baju yang kami pakai. Tapi ada yang membuat ku sedih. Aku hanya mendapatkan baju saja tapi tidak dengan bawahan (rok atau celana). Kenapa aku hanya baju saja? 

Seharian aku berfikir "kenapa aku tidak dibelikan? ". Itu sudah kutanyak kepada mama,  kata mama "sudah itu saja.". Aku sedih mendengarnya,  dan murung. Sore harinya Bpk ku pulang dari kerja dan melihat ku murung.  Bpk berkata "kenapa anak Bpk murung dan sedih?", aku jawab "belum dibelikan bawahan baju lebaran", Sambil mata berkaca-kaca. Bpk ku pergi tampa berbicara apa pun. 

Setelah malam hari Bpk ku pulang dan meberikan ku hadiah, aku sangat kaget dan bahagia. Aku berkata "ini apa Bpk? ", Bpk menjawab "buat lebaran". Aku sangat bahagia mendapatkanya,  hadiah yang terindah dari Bpk yaitu sebuah celana panjang berwarna kuning dan bergambar mobil-mobilan. Hadiah yang sederhana,  namun terkenang sepanjang hayat.  Kasih sayang yang tak terucap tapi dengan bukti. Bpk hadiah itu selalu ku kenang bukanya saja hadiah yang terindah yang Bpk berikan tapi kenangan manis yang tak dapat kulupakan,  perhatian keci yang menjadi luar biasa kukenang hingga dewasa ini.  Bpk adalah cinta pertama ku,  aku sayang Bpk.  

Sempat aku bertanya "bagaimana perasan memiliki anak perempuan?", dan dijawab  "Bagi Bpk memiliki  anak perempuan bagaikan memiliki titipan  mutiara. Membahagiakan jika bersamanya,berhati hati dalam menjaga dan merawatnya dan harus iklas jika sudah waktunya diminta oleh pemiliknya (jodohnya)".

 Nasihat Bpk untuk anak perempuan apa bila dewasa kelak: 

" Jika sudah dewasa sebelum menikah utamakan  orang tua daripada kekasih mu.  karna yang ikhlas berkorban untukmu adalah orang tuamu bukan kekasih mu. Pilihlah calon suami yg taat pada Allah. Jika suamimu ingin memberi kepada orang tuanya jangan pernah kamu menghalanginya dengan satu katapun. Bpk mu tak ingin hartamu hanya ingin senyummu, Bpk mu tak menanti kiriman uangmu hanya menanti hadirmu, Bpk mu tidak bangga dengan kesuksesanmu, Bpk mu hanya  bangga dengan perilaku akhlak baikmu, Bpk mu tak bangga dengan ketenaranmu, Bpk mu hanya bangga jika anaknya kelak menghargai kedua orang tuanya".

Bpk aku menyayangi mu. 

Ungkapan hati anak-anak perempuan Bpk :

>Kakak pertama (Ayu Sal): 

Bpk ku itu baik hati nya, bertanggung jawab sama keluarga, pekerja keras tak kenal lelah, aku bisa masak ketan, bisa nyetrika dari Bpk, pokok nya Bpk ku itu hebat lah. 👍🤭, Tapi Bpk ku tuuu, agak sedikit cerewet,  tapi Bpk baik hatinya kok.🥰🤭. Hadiah terindah dari Bpk yaitu, tas sekolah  yang dibelikan Bpk dari palembang aku seneng, tetapi ketika kita semua pindah ke palembang teman ku meminta tas itu dan  aku berikan untuk kenang-kenangan, dan hadiah yang tak kan ku lupakan selanjutnya yaitu anting-antingan panjang, nama anting-anting itu anting-anting jarum, tetapi hilang sebelah, sebelah nya aku berikan kepada mama, sampai sekarang aku seneng  sekali dengam anting-antingan model seperti itu. Dan sampai sekarang aku juga masih inget, ketika Bpk  pulang dari palembang, selalu membawakan oleh-oleh ciki anak-anak.  Aku dan adi ku (ayu mar)  seneng sekali. Terimakasih Bpk atas segala  perhatian dan hadiah terindah Bpk,  sampai detik ini aku selalu mengingat semua kebaikan dan kasih sayanh Bpk.  Kasih sayang dan cinta pertama anak perempuan pertama Bpk.  Melihat senyum Bpk selalu mebuat ku bahagia.  Aku berdo'a Bpk selalu sehat dan memiliki umur yang barokah. 

>Kakak kedua (ayu mar) :

Bpk itu baik tidak pilih kasih. Bpk penyayang. Apabila Bpk gajian kita di beri uang tanpa  sepengetahuan  mama. Hadiah yang paling berkesan dari Bpk,  yaitu Waktu aku masuk sekolah MTS N  Bpk kelihatan senang sekali, Bpk mebelikan ku jam tangan, kamus bahasa Inggris dan kamus  bahasa Arab.  🙏Terima kasih Bpk. Kamus itu masih ku simpan sampai hari ini,  akan ku wariskan kepada cucu Bpk.  Agar pahalanya mengalir ke Bpk juga.  Bpk terimakasih atas memori indah yang engkau berikan kepada ku. Aku sayang Bpk.  

>Kakak ketiga (ayu wi) :

Bagi saya Ayah atau seorang Bpk itu adalah sebagai teman, ketika Bpk melakukan kegiatan apapun aku ikuti. Bpk bagiku adalah pahlawanku. Pada saat aku dan anakku di sakiti atau dicemohi orang, Bpk siap menjadi tameng dan menjadi pembela. Walaupun aku tau Bpk ku bukan Bpk yang sangat bijak. Walau pun Bpk ku suka berbicara apa bila beliau tidak suka, namun yang aku tau Bpk begitu sayang pada anak-anaknya. Bpk tidak ingin anaknya bersedih. Yang kini aku rindukan adalah berpetualang bersama Bpk berkebun bersama. Memancing bersama. Melakukan kegiatan bersama Bpk sangat menyenangkan. Bpk ku orang yang kreatif dari permainan tembak tembakan mobil-mobilan, menjahit, membuat bubu perangkap ikan apa saja Bpk bisa buat. Beliu adalah Bpk yang kreatif. Paling suka berkebun, jika melihat anaknya datang dia akan membawa hasil kebunnya untuk dibagi-bagi kan kepada anaknya. Apa lagi kalau dia tau anaknya suka sesuatu dia akan mengambilkan berkali-kali. Bpk ku senang bercerita, bermain bersama cucunya. Semoga Bpk sehat selalu. Dan berbuat kebaikan di hari tuanya. Bpk ku tipe orang  yang blak blakan, suka menilai orang, keras kepala, terkadng tidak suka mendengarkan pendapat orang lain, ceria, humoris. Bpk ku tipe orang yg setia terhadap pasangan dan juga teman. Hadiah yg paling berkesan dari Bpk setiab pulang kerja ketika Bpk gajian di belikan martabak, itu yang selalu dinanti dan membuat ku bahagia sekali. Martabak manis seperti senyum Bpk yang manis ketika memberikan martabak kepada ku.  Setiab melihat martabak pasti teringat dengan martabak pemberian Bpk. Bpk aku menyayangi mu,  senyum Bpk adaha hidup ku.

Pemarah....😄✌

> Adik ku ( ade yuli) :

Bpk ku sosok orang tua yang baik.  Hadiah terindah yang ku kenang sampai saat ini adalah ketika waktu aku masih duduk di bangku SD. Bpk pernah memanggil ku saat aku sedang bermain. Tiba-tiba Bpk memberi kejutan membelikan aku hadiah baju berwarna pink dan berwarna  merah, aku sangat bahagia😁. Terimakasih Bpk atas hadiah yang terindah, yang membuat anak Bpk merasa seperti ratu. Aku sayang Bpk, tetap lah tersenyum dan berada disamping ku.

( ini adalah seluruh ungkpan hati anak - anak Bpk).

Bpk terimakasih atas hadiyah yang terindah dan cerita disetiap episode kehidupan yang Bpk berikan kepada kami.  Kami akan selalu mengenangnya sampai menutup mata. 

I LOVE YOU Bpk



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melangkah menuju buku Solo Dengan Tulisan Sistematis

Kekuatan Dari Sebuah Tulisan

Menulis Diusia Senja, Siapa Takut!!