Belajar Komitmen Dalam Menulis

Judul.               : Belajar Komitmen Dalam Menulis
Resme ke.        : 8
Gelombang.    : 29
Hari.                 : Rabu
Tangga.            : 12 Juli 2023
Tema                : Komitmen Menulis Di Blog
Narasumber   : Drs. Dedi Dwitagama, M.Si.
Mederator.      : Dail Ma'ruf, M.Pd.
Oleh.                 : Asmayati, S.Pd

Bismillah
Assalamu'alaikum.
Gadis manis elok beralis
makin cantik berkacamata
mari mulai menulis
moga jadi jalan menuju surga

     Alhamdulillah malam ini kita masih dapat bertemu kembali dipertemuan ke-8 Di KBMN 29. Dengan narasumber dan moderator yang sangat luar biasa, yaitu Bapak Drs. Dedi Dwitagama, M.Si. sebagai narasumber dan Back Dail Ma'ruf, M.Pd. sebagai mederator. Adapun biodata narasuber dapat kita lihat di IG beliau di https://www.instagram.com/dwitagama/
Dan FB beliau https://www.facebook.com/dwitagama/

     Diawali dengan perkatan moderator Untuk meniti keberhasilan dibutuhkan suatu komitmen. Komitmen akan menjaga niat dan usaha kita hingga mencapai titik impian. Blog sebagai salah satu media untuk menulis juga perlu suatu komitmen untuk menjaganya. Tentu ada trik, cara dan teknik untuk merawatnya. Harus kita pelajari di pertemuan ke-8 ini.
     Dalam delapan kali pertemuan baru kali ini saya temukan yang biasanya diawali dengan metode pembahasan materi selama 1 jam, dan 1 jam berikutnya baru peserta di persilahkan untuk bertanya, itupun bertanya tidak secara langsung melalui wa moderator. Tapi malam ini sangat berbeda peserta dibolehkan bertanya secara langsung kepada narasumber Bapak Dedi, group dibuka lebar.
     Berikut beberapa penjelasan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan para peserta:

  • Beliau pertama kali ngeblog tahun 2005 karena waktu itu trend di Amerika. Suka duka pasti ada, tetapi beliau perinsipnya menikmati suka, biarkan duka berlalu seiring waktu.
  • Agar dapat mendatangkan banyak viewer di blog yaitu dengan mengunjungi blog orang lain kemudian kita komentari tulisannya. Seperti kita bersilaturahmi dalam kehidupan bermasyarakat. Orang lain akan berkunjung ke rumah kita jika kita telah berkunjung ke rumahnya.
  • Trik kedua yang diberikan narasumber agar tulisan kita dibaca banyak viewer yaitu dengan menggunakan judul yang sedang marak, sehingga saat orang berkunjung ke google tulisan kita terjaring dan dibaca oleh pembaca.
  • Trik yang ketiga agar Blog kita banyak terbaca orang lain, banyak-banyak share link tulisan Blog kita di media sosial.
  • Menulis kapan saja dan dimana saja, akan menambah kecintaan kita dalam menulis di Blog.
  • Pemanfaat Blog di dunia pendidikan khususnya di Sekolah Dasar dengan cara mensinkronkan materi sehingga dapat berinteraksi dengan anak-anak. Disitu dapat memancing siswa untuk menjadi penulis.
  • Sungguh banyak sekali manfaat yang kita dapat pergunakan dengan menulis di Blog, jika kita terus menjaga komitmen dalam menulis di Blog.
  • Kreatifitas Penulis dapat lebih mempercantik tulisan sehingga dapat bermanfaat bagi pembaca.
  • Dengan menulis kita ibarat menabung kebaikan dengan menebarkan kebaikan bagi orang lain.
Diakhir pelatihan Bapak Dedi memberikan kata penutup “lakukan yang anda sukai, jika itu suatu kebaikan, kebaikan itu akan kembali datang kepada kita". Kata-Kata yang luar biasa, memotifasi kita untuk bangkit.

     Dari pertemuan ke-8 ini dapat saya simpulkan jangan biarkan blok kita penuh sarang laba-laba, menulislah apa yang dipikiran,  dan kita lihat. Jadikan blok tempat kita untuk menulis. 

     Sebelum ditutup pertemuan ke-8 ini Bapak Dedi mengumunkan siapa yang mendapatkan baju kaos cantik, "dari 30 penanya yang beruntung adalah bapak yang betanya -- bagimana trik membuat viewer  banyak.
 Dia adalah -- pak AHMAD SOLEH".
Selamat Bapak Ahmad Soleh yang mendapatkan kaos cantik. 
Kaos cantik dari Pak Dedi


 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melangkah menuju buku Solo Dengan Tulisan Sistematis

Kekuatan Dari Sebuah Tulisan

Menulis Diusia Senja, Siapa Takut!!