Keajaiban Menulis Berita Onlien

 

Judul              : Keajaiban Menulis Berita Onlien
Resme ke       : 6
Gelombang   : 29
Hari                : Jum'at
Tanggal          : 30 Juni 2023
Tema              : Teknik Menulis Untuk Situs Portal Berita Melintas.id
Narasumber : Raimundus Brian Prasetyawan S. Pd
Moderator    : Arofiah Afifi, S. Pd
Oleh               : Asmayati

Bismillah
Assalamu'alaikum.
Kumandang takbir terdengar merdu,
Mengiring pertemuan ke-6 KMBN-29.

     Bertemu lagi kita masih dengan suasana lebaran idul Adha, aroma masakan daging yang masih menyengat dihidung kita. Untuk menemani mengikuti KBMN-29 pertemuan ke-6 Dengan tema "Teknik Menulis Untuk Situs Portal Berita Melintas.id", dengan narasumber Bapak Raimundus Brian Prasetyawan S.Pd, dan moderator Bunda Arofiah Afifi, S.Pd. Biodata narasumber dapat dilihat Di :
https://www.praszetyawan.com/p/profil.

     Pertemuan malam ini diawali dengan pembukaan Dari moderator Bunda Arofiah yang mengatakan "Napoleon Bonaparte, seorang panglima yang tersohor keberaniannya, kehebatannya, kesuksesannya dalam dunia perang dan politik.
Kurang lebih berkata "Aku lebih takut kepada tiga penulis yang bersenjata pena daripada, ribuan prajurit yang bersenjata bayonet lengkap".
Kalimat di atas menggambarkan bahwa, peranan tulisan lebih berpengaruh dan berbahaya daripada senjata.
Kenapa demikian?
Karena kekuatan peluru timah panas, yang mengenai badan, hanya berefek satu peluru satu nyawa. Semantara peluru-peluru yang ditembakkan penulis adalah huruf-huruf yang membentuk kalimat yang akan memberikan pengaruh yang sangat signifikan. Tulisan akan mengenai sasaran yaitu pikiran, dari pikiran akan menembus hati. Dengan menembus hati dan menembus pemikiran, maka akan merubah paradigma berpikir dan wawasan. Selanjutnya akan mempengaruhi gerak dan lambat laun, penulis bisa menggerakkan banyak orang: se-kampung, se-kota, se-propinsi, se-bangsa, dan bahkan se-dunia". Luar biasa pengaruh dari sebuah tulisan yang dapat merubah dunia.
     Dipertemuan ini dijelaskan Melintas.id adalah portal berita online. Ibaratnya koran online. Yang mana untuk bisa menulis di melintas.id. Makan kita harus mengikuti ketentuan yang berlaku. Sama ketika kita mengirimkan tulisan ke koran. Ada ketentuan baku tidak seenaknya mengirim tulisan Bapak Brian akan menerangkan dengan jelas tentang melintas.id.

     Perlu kita Ketahui Melintas merupakan akronim dari *Media Literasi Nusantara Semaja*. Asal mula Ide untuk membuat media online ini trispirasi dari pengalaman Pak Ahmad Fatchudin, peserta KBMN gelombang 27 saat menjadi penulis di salah satu media online yang memiliki sekitar 30-40 penulis dan dapat menghasilkan penghasilan tambahan bagi setiap penulis yang lumayan besar. Kemudian beberapa alumni yang juga anggota tim solid omjay beserta Omjay diajak untuk mendirikan media online ini yang kemudian menjadi tim redaksi melintas.id yang terdiri dari 7 orang.


tim redaksi melintas.id
https://www.melintas.id/redaksi

     Tujuan didirikan Melintas.id adalah untuk memberikan nilai tambah bagi anggota KBMN PGRI. Nilai tambah itu tidak hanya dari segi penghasilan, tapi lebih luas lagi yaitu memberi wadah pengembangan diri dalam hal menulis untuk peserta maupun alumni KBMN PGRI. Menulis di melintas.id memberi pengalaman dan wawasan baru tentang menulis. Melintas.id merupakan situs portal berita sehingga memiliki ciri khas/gaya tulisan tersendiri yang berbeda dengan tulisan blog, buku, karya ilmiah, atau jenis tulisan lainnya.
Melintas.id merupakan situs portal berita nasional yang pengelolaan IT-nya di bawah naungan promedia. Promedia sudah memegang hampir seribu situs portal berita di seluruh Indonesia. bahkan media online sebesar Suara Merdeka dan Jawa pos juga dipegang promedia.

     Ada 10 menu rubrik Melintas.id, yaitu:
  1. Pendidikan.
  2. Dates.
  3. Parenting.
  4. News.
  5. Religi.
  6. Sekolah.
  7. Literasi.
  8. Ragam.
  9. Olahraga.
  10. Opini.
Jadi ketika kita ingin menulis di melintas.id, bisa menyesuaikan dengan menu rubrik yang ada. Tetapi di melintas.id tidak menerima tulisan infotaiment. Hummm sungguh mengasikkan dan penuh tantangan.

     Melintas.id menjadikan 2 penulis, situ :
  1. Penulis lepas, penulis yang tidak bergabung di grup WA melintas, tidak ada target jumlah tulisan, mengirim lewat email.
  2. Penulis Tetap, Penulis yang yakin ingin bergabung dengan melintas.id. Artinya siap mengikuti aturan dan sanggup memenuhi target jumlah tulisan. Kedepannya akan berpeluang mendapat honor jika melintas.id sudah mampu menghasilkan pendapatan.
Ada jenis jenjang penulis tetap di melintas.id, yaitu :
  1. Calon Content Creator (CC), Bagi yang baru bergabung, akan masuk di grup ini. Nama anda selaku penulis akan menumpang dulu dengan nama editor. Nama anda tertulis sebagai contributor. Diberi target menulis minimal 15 tulisan dalam 1 bulan. Jika dapat memenuhi, akan naik jenjang menjadi Content Creator (CC). Jika tidak memenuhi, akan dikeluarkan dari grup. Silakan menjadi penulis lepas saja.
  2. Content creator (contributor), Jika sudah memenuhi syarat 15 tulisan, akan masuk di grup baru yaitu Author dan CC melintas. Anda resmi menjadi CC Melintas.id. Namun nama anda selaku penulis masih menumpang dengan nama editor. Maka, agar bisa punya profil nama sendiri di melintas, harus jadi author. Syarat jadi author adalah menulis minimal 15 tulisan.
  3. Author, jika sudah mencapai jenjang author, anda sudah menjadi penulis seutuhnya di melintas.id. Anda memiliki profil nama sendiri, tidak lagi menumpang nama editor. Nama anda tercatat dalam database CMS melintas.id. Namun tentu ada tanggung jawabnya yaitu harus menulis minimal 20 tulisan setiap bulan. Jika tidak memenuhi, akan diturunkan Kembali jadi kontributor.
 Adapun cara mengirim tulisan ke melintas.id sebagai penulis lepas, yaitu: https://www.melintas.id/literasi/34688327/ketentuan-dan-cara-mengirim-tulisan-ke-media-online-melintasid.

     Dan Cara menulis di melintas.id sebagai penulis tetap:
Berbeda dengan menulis di blog, penulis melintas tidak memiliki akun akses menulis langsung di melintas. Yang punya hanya editor dan tim redaksi. Maka cara menulisnya adalah dengan menulis di word lalu mengirim ke google form. Berikut ini tata caranya:
  1. Download format file word.
  2. Isi seluruh kolom table yang disediakan, baru lalu menulis isi tulisan.
  3. Kirim ke link form.
Menulis di melintas.id tidak langsung tayang tulisannya, karena harus ditangani oleh editor dahulu. Maka waktu tunggu tayang tulisa akan lama bisa berjam-jam bahkan berhari-hari. Dan melintas.id menjunjung anti plagiarisme.
Gambar yang boleh dipakai hanyalah dari dokumentasi pribadi, medsos tokoh/instansi, situs penyedia gambar gratis seperti freepik.com, pixabay.com, pexels.com, dll.

    Kesimpulan dari pertemuan ke-6 ini adalah Bagi yang ingin menjadi penulis tetap melintas (Calon CC), silakan daftar lewat form:
https://forms.gle/qPfaGNT3TbAyppka9. harus yang benar-benar komitmen menulis setiap hari. Tetapi kalau sekedar iseng-iseng coba-coba, sebaiknya menjadi penulis lepas saja. Kirim tulisan lewat email.

Sebelum ditutup peserta dibolehkan untuk bertanya sesuai dengan tema yang ada. Luar biasa antusias para peserta dalam bertanya. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat dan ladang palah bagi narasumber.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melangkah menuju buku Solo Dengan Tulisan Sistematis

Kekuatan Dari Sebuah Tulisan

Menulis Diusia Senja, Siapa Takut!!